Search This Blog

Friday, August 26, 2016

Alkohol Menambah Jerawat pada Wajah Kita



Masih banyak orang menganggap alkohol bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah berjerawat. Hal ini lantaran alkohol dianggap dapat mengurangi minyak dan mengatasi jerawat pada kulit wajah. Padahal menurut dr Nindita Hapsari Susanti, SpKK, membersihkan kulit dengan alkohol justru dapat merusak kelembaban alami kulit dan menyebabkan pertahanan kulit melemah. Akibatnya kulit kita akan lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi.

"Nanti jerawatnya malah tambah banyak," ujar dr Nindita kepada detikHealth.

Kemudian bagaimana cara aman membersihkan kulit berjerawat? dr Nindita menyarankan Anda untuk cermat memilih sabun muka. Pilihlah sabun muka yang lembut dan tidak mengandung alkohol. Cara ini dianggap lebih aman bagi kesehatan kulit.

"Hindari penggunaan sabun yang bersifat terlalu mengeringkan dan mengakibatkan berkurangnnya semua minyak alami kulit. Biasanya kesalahan ini ditandai dengan kulit menjadi terasa kering, kaku dan kesat. Ada juga yang kemudian kulitnya menjadi merah," imbuh dokter yang praktik di Klinik Bintaro Skin House tersebut.

dr Nindita mencontohkan, sabun cuci muka yang bisa dipilih antara lain yang mengandung salysilic acid dan benzoyl peroxida. Jika Anda lebih suka memakai sabun dengan scrub, maka pastikan butiran scrub yang digunakan cukup halus sehingga tidak akan mencederai kulit.

"Bersihkan kulit berjerawat dengan lembut, jangan menggosok terlalu kasar. Bilas wajah sampai bersih dengan air yang tidak terlalu panas," pesan dr Nindita.

No comments:

Post a Comment

Kenapa Setiap Menstruasi Selalu Sakit Nyeri?

Natesh pembalut Herbal Pembalut yang dipakai banyak perempuan di Indonesia sekaligus para artis serta selegram terkenal. Info lebih lanjut h...