Search This Blog

Wednesday, August 10, 2016

Sekolah adalah Kesempatan yang Harus Kita Pertanggungjawabkan Nantinya

Ada yang mau sekolah tidak bisa karena tidak ada biaya
Ada yang ingin sekolah tetapi tidak bisa karena jauh dari rumah
Ada yang ingin sekolah tetapi tidak bisa karena sakit parah.
Ada yang berprestasi sekolah tidak dapat bersekolah karena kekurangan biaya.


https://i.ytimg.com/vi/NxBO8TIcTbE/maxresdefault.jpg

Ada juga yang punya dana, sehat, diantar dengan mobil mewah, dan pandai tapi tidak mau sekolah.
Ada juga yang punya dana, sehat, diantar dengan mobil mewah, dan pandai tapi pacaran di sekolah sampai nilainya jelek.
Ada juga yang punya dana, sehat, diantar dengan mobil mewah, dan pandai tapi bikin onar di kelas.
Ada juga yang punya dana, sehat, diantar dengan mobil mewah, dan pandai tapi tidak mau belajar dengan sungguh-sungguh.

Saya katakan dengan pandai di sekolah tidak jamin kita akan berhasil di dunia kerja nantinya. Tapi kesempatan sekolah adalah kesempatan yang berharga yang diberikan kepada kita untuk mencari ilmu dan melatih kemampuan dasar kita agar nanti dapat kita pakai dalam dunia kerja selanjutnya. Selain itu sekolah adalah sebuah kesempatan yang diberikan oleh orang tua kita dengan mengorbankan hak, waktu dan harta benda mereka untuk diberikan kepada kita dengan harapan kita dapat bertahan dan berhasil dalam dunia kerja nantinya. Mereka memberikan segala fasilitas kepada kita agar kita dapat belajar dengan nyaman dan tidak mengalami gangguan. 

Mari kita tengok saudara-saudara kita di daerah-daerah lain selain di pulau jawa, mereka harus berjuang untuk dapat bersekolah. Ada yang harus melewati sungai yang terkadang airnya pasang dan tinggi hanya untuk hadir dan belajar di sekolah. Ada yang harus berjalan kaki tanpa sepatu sepanjang beberapa kilo meter melewati jalan berbatu hanya untuk mencari ilmu. Ada yang harus menerjang bahaya masuk hutan belantara hanya untuk menimba ilmu. Mereka bayar harga untuk mendapatkan ilmu yang mereka anggap berharga dan menjadi harapan mereka untuk mengubah masa depan mereka menjadi lebih baik. Dan faktanya beberapa dari mereka bisa mengharumkan nama Indonesia dalam kejuaran dunia di bidang akademik formal dan non formal. Dan beberapa di antaranya menjadi penemu dan ilmuwan di negara lain. Bagaimana dengan kita yang diberikan segala kenyamanan dan fasilitas untuk kita dapat bersekolah??

Kita harus berhenti mengeluh tentang guru kita yang menyebalkan, sekolah kita yang kurang nyaman, dan sistem pendidikan nasional kita. Kita harus mulai menanamkan dalam diri kita bahwa kita harus bertanggung jawab atas hidup kita sendiri. Segala keberhasilan dan kegagalan kita saat ini dan nanti di masa depan adalah hasil dari pilihan kita saat ini. Kita juga harus berpikir apakah yang akan kita berikan kepada orang tua kita setelah mereka memberikan sesuatu bahkan segalanya untuk kita dapat sekolah.

Satu hal yang pasti di dalam kehidupan ini ada yang namanya bayar harga untuk setiap kesalahan yang kita perbuat. Ada yang ringan ada yang berat. Oleh karena itu jangan sampai kita harus membayar harga dengan mahal karena kita membuat kesalahan dengan tidak menikmati dan tidak sungguh-sungguh mencari ilmu selama masih bisa bersekolah.

No comments:

Post a Comment

Kenapa Setiap Menstruasi Selalu Sakit Nyeri?

Natesh pembalut Herbal Pembalut yang dipakai banyak perempuan di Indonesia sekaligus para artis serta selegram terkenal. Info lebih lanjut h...