Search This Blog

Sunday, August 25, 2019

3 Level Dalam Berbisnis

Di dalam bisnis apapun ada 3 tahap
1. tahap peniru
tahap ini kita meniru orang lain yang sudah menjalankan bisnisnya dan berhasil dengan bisnisnya. Kemudian kita tiru cara dia dari jenis barangnya, cara jualnya dan cara promonya. Di tahap ini orang sering mengatakan "bagi tipsnya dong suhu saya masih newbie".

itu sangat normal kita butuh meniru sesuatu yang telah berhasil. Dan kita "berharap" banyak dengan apa yang kita tiru akan berhasil. Dan kebanyakan di tahap ini seleksi alamnya sangat cepat. Cepat muntaber alias mundur teratur tanpa berita.

2. tahap amatir
masih tetap meniru orang lain tapi kita analisa kenapa orang lain berhasil dan kita belom berhasil. Kalau memang barang atau jasa yang kita jual tidak sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita maka kita harus segera ganti.
dan di sini kita mulai belajar dari sumber lain dengan lebih intensif.
pertahanan kita terhadap bisnis kita mulai terbentuk dan kita mulai bisa mengatur alur bisnis kita.

3. tahap profesional
kita melepaskan segala keterikatan kita dengan pihak lain. artinya bisnis ku itu urusan ku ga ada hubungannya sama orang lain. 100% tanggung jawab ku. Untung rugi maju mundur naik bangkrut semua karena hasil keputusan ku.
kita sudah mandiri di tahap ini. kita mulai belajar lebih dalam tentang bisnis kita. kita mulai merancang masa depan bisnis kita akan ke mana.
kita menetapkan program-program untuk bisnis kita sendiri.
kalau kita mungkin dikenalkan bisnis kita oleh orang lain maka kita harus berani berkata


"terima kasih karena telah memperkenalkan bisnis ini kepada saya selanjutnya bisnis ini adalah tanggung jawabku dan kamu saya anggap sebagai partner saya. dan saya tidak akan berharap apa-apa dari anda."

No comments:

Post a Comment

Kenapa Setiap Menstruasi Selalu Sakit Nyeri?

Natesh pembalut Herbal Pembalut yang dipakai banyak perempuan di Indonesia sekaligus para artis serta selegram terkenal. Info lebih lanjut h...